Just Another Usual Blog

Awal mula kekuasaan Islam telah dirintas sejak abad ke-7 Masehi, namun semuanya tenggelam oleh kekuatan kerajaan Sriwijaya di Palembang dan kerajaan Singasari dan Majapahit di Jawa Timur. Pada masa ini pedagang dan mubaligh Islam membentuk komunitas muslim. Mereka mengenalkan ajaran Islam yang mengutamakan toleransi dan persamaan derajad diantara sesama manusia. Sementara ajaran Hindu yang dikembangkan kedua kerajaan tersebut menekankan pada perbedaan status dan derajad manusia. Hal ini yang menarik perhatian masyarakat untuk mempelajari agama yang baru. Dengan metode ini agama Islam berkembang pesat dengan cara damai.
Masuknya Islam ke Indonesia terjadi secara bergelombang tidak bersama-sama. Disamping itu ketika Islam masuk ke daerah-daerah situasi sosial politik yang berkembang juga berbeda-beda. Pada awal abad ke-7, Sriwjaya meluaskan ekspansinya ke semenanjung Malaka untuk menguasai selat Malaka yang menjadi kunci perdagangan internasional. Kedatangan pedagang muslim di selat Malaka belum berdampak pada situasi politik. Baru pada abad ke-9 ketika terjadi pemberontakan kaum Cina, kaum muslimin banyak yang melarikan diri ke daerah kekuasaan Sriwijaya yang memang melindungi kaum muslim.
Pada abad ke-12 kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran. Untuk mempertahankan kekuasaannya, mereka menerapkan bea cukai yang ketat dan tinggi. Hal ini tidak menjadikan perekonomian semakin membaik, namun menjadikan kapal-kapal asing enggan bersinggah di pelabuhan Malaka. Selain itu kemajuan kerajaan Singasari di Jawa juga mempengaruhinya. Mereka melakukan ekspedisi dan berhasil mengalahkan kerajaan Melayu. Hal ini mendorong kerajaan kecil yang ada dibawah kekuasaan kerajaan Sriwijaya berusaha melepaskan diri.
Kelemahan kerajaan Sriwijaya ini dimanfaatkan oleh para pedagang muslim untuk mendapatkan keuntungan politik dan perdagangan. Mereka mendukung daerah-daerah yang muncul dan yang menyatakan diri sebagai kerajaan Islam.

Comments on: "Perkembangan Islam di Indonesia" (3)

  1. hmmm gtu ya..

  2. lha kalo menurut anda gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: