Just Another Usual Blog

Tampaknya Yamaha tidak akan menunggu lama hingga seri Brno untuk mengumumkan siapa pembalap yang akan mendampingi Jorge Lorenzo di tim Yamaha Factory musim depan. Bisa saja Yamaha akan memutuskan rider kedua mereka di Amerika Serikat, tepatnya sebelum akhir pekan balapan Laguna Seca hingga seri Indianapolis pertengahan Agustus mendatang.

Team director Yamaha, Massimo Meregalli telah memberikan konfirmasi di Sachsenring dua pekan lalu kalau Yamaha bakal mengumumkan siapa rekan satu tim Jorge Lorenzo sesegera mungkin.

Sejumlah kandidat telah ramai dibicarakan untuk mengisi satu kursi di tim Yamaha pabrikan tersebut, di antaranya adalah Ben Spies, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Andrea Dovizioso berpotensi menggusur posisi Ben Spies dengan raihan empat kali podium yang telah dikumpulkannya saat melakoni sembilan seri balapan yang sudah diadakan.

Dovizioso telah memprediksi kalau setelah tes di Mugello, ia telah mendapat gambaran sebsesar 50% apakah dirinya akan memiliki kesempatan untuk membalap dengan motor M1 berspesifikasi pabrikan tahun depan.

Dovizioso telah mempertimbangkan untuk membalap di kejuaraan lain seperti World Superbike jika ia gagal mengamankan kursi di tim pabrikan Yamaha MotoGP.

Apalagi, Ben Spies disebut-sebut tetap menjadi kandidat teratas untuk tetap dipertahankan oleh Yamaha meskipun penampilannya pada musim ini tidak maksimal, sedangkan Dovizioso sudah dapat mengumpulkan empat trofi setelah finish di podium ketiga.

Andrea Dovizioso yang pernah bergabung dengan tim Repsol Honda untuk membalap dengan memakai motor RC212V pabrikan mengatakan: “Yamaha belum memutuskan, saya sudah memahami kalau prestasi tidak diperhitungkan walaupun saya mendapatkan hasil cukup apik. Saya sudah tahu kalau mungkin saya tidak akan mendapatkan motor pabrikan itu.

“Namun saya memiliki alternatif, saya juga mempertimbangkan sesuatu yang beda. Tujuan saya di MotoGP adalah untuk kembali membalap dengan motor pabrikan karena dengan motor tersebut saya bisa mengharapkan hasil yang belum bisa saya capai yakni untuk bisa bertarung memperebutkan gelar juara dunia. Jika saya tidak mendapatkannya, maka saya juga akan mencari pengalaman yang berbeda.”

Selain itu, akhir-akhir ini Valentino Rossi disebut-sebut bakal kembali bergabung bersama tim Yamaha. Terlebih rumor dari media Spanyol yang menyebut sponsor Marlboro akan memberikan dukungan mereka untuk Yamaha jika Rossi bersedia menunggangi motor YZR-M1 tahun depan, semakin menggemuruh.

Yamaha telah menjelaskan kalau mereka belum menutup pintu untuk Valentino Rossi walaupun telah menyatakan prioritas mereka terhadap Spies, Dovizioso dan bahkan Cal Crutchlow.

Sedangkan, Jorge Lorenzo menyambut baik kehadiran Valentino Rossi jika dirinya berniat untuk menjadi teammatenya pada musim depan, dan memastikan tidak akan ada dinding pembatas yang membuat hubungan keduanya ‘tak harmonis’.

Andrea Dovizioso menuding kalau masa depannya di MotoGP bergantung pada keputusan Valentino Rossi. Pembalap Italia tersebut bahkan menganggap kalau duet Lorenzo-Rossi memungkinkan.

Sedangkan Ben Spies mengaku tidak terlalu mengkawatirkan posisinya di tim Yamaha Factory. Yamaha berdalih, kalau Ben Spies merupakan pembalap yang mereka jadikan prioritas karena adanya potensi yang dimilikinya yang telah dapat ia tunjukkan saat berlaga di musim 2011 dimana ia mampu meraih satu kemenangan dan beberapa kali mampu bertarung memperebutkan podium.

“Rasanya talenta ataupun kecepatan yang dimilikinya tak perlu dipertanyakan lagi,” komentar Jorge Lorenzo menggambarkan potensi yang dimiliki Ben Spies. ”Karena pada tahun pertamanya membalap di MotoGP Qatar tahun 2010 lalu, dia bisa finish hanya empat detik dari pemenang dengan memakai motor satelit. Itu artinya, dia bisa bersaing, saya kira dia perlu bersikap tenang karena musim 2012 berjalan buruk dan tidak stabil untuknya. Jika dia fokus dan tetap tenang maka dia bisa berdiri di atas podium dengan konsisten dan bisa memenangkan balapan.”

Dengan adanya indikasi kalau Yamaha berpeluang memberikan pengumuman di Amerika Serikat, maka otomatis Ben Spies, yang akan membalap di kandangnya, menjadi kandidat terkuat jika Valentino Rossi tidak melakukan kontak dengan Yamaha dan memilih untuk bertahan di skuad Ducati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: